Monthly Archives: August 2015

KELUARGA BESAR RIMBAWAN PROVINSI PAPUA BARAT SELENGGARAKAN HALAL BI HALAL HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H

Keluarga besar rimbawan menggelar acara halal bi halal dan silaturahmi dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 H, di Gedung Dharma Wanita Manokwari, Sabtu (22/8).
Halal bi halal mengangkat tema” Dengan Suasana Fitri, Kita Perkokoh Silaturahim Untuk Membangun Jiwa Korsa Rimbawan Yang Lebih Maju dan Profesional” ini dihadiri oleh Gubernur Prov. Papua Barat dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Olahraga Manokwari, Kepala Dinas Kehutanan Manokwari, Ketua MUI Prov. Papua Barat, pegawai di Lingkungan Kehutanan dan para tamu undangan. Acara ini juga dimeriahkan dengan hadirnya KH. Syaiful Islam Al Payage, S.H.I, seorang ulama putera asli papua yang menjabat sebagai ketua MUI termuda untuk wilayah Papua sebagai penceramah dalam acara halal bi halal kali ini. Continue reading

Monitoring dan Evaluasi Tata Air Sub Das Arui dan Sub Das Prafi BPDAS Remu Ransiki

Monitoring dan evaluasi (monev) merupakan salah satu agenda wajib yang dilakukan setiap bulan oleh staf bagian evaluasi BPDAS Remu Ransiki. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan memperoleh data mengenai aliran air yang keluar dari daerah tangkapan air (DTA) secara terukur, baik kuantitas, kualitas dan kontinuitas aliran airnya.Tepat pada Tanggal 02–03 Juli 2015, merupakan kali pertama kami (CPNS Baru 2014) mengikuti kegiatan monev di dua subdas yang terdapat di wilayah kerja BPDAS Remu ransiki, yaitu di Sub Das Prafi dan Sub Das Arui. Dalam wilayah Sub Das tersebut, masing-masing dilengkapi dengan bangunan SPAS. Bangunan SPAS atau stasiun hidrometri dilengkapi oleh beberapa alat seperti Solar Cell, Data Logger, Automatic Turbidity Recorder, Water level sensor, dan Rain gauges. Monitoring dan evaluasi tata air mencakup kegiatan pengambilan data debit aliran air sungai, laju sedimentasi, dan curah hujan. Data curah hujan masing-masing DAS/Sub DAS diperoleh dari stasiun pengamatan arus sungai (SPAS) yang dipantau secara rutin/kontinyu (harian). Continue reading

Pengambilan Sample Profil Tanah Kegiatan SWAT (Soil Water Assesment Tool)

SWAT merupakan kependekan dari Soil Water Assessment Tool. Suatu alat komputansional yang banyak digunakan untuk menganalisis dampak perubahan tataguna lahan terhadap lingkungan dalam bentuk model. Hasil dari model SWAT dapat berupa jumlah sedimen, debit air, nitrogen, posfor, COD, BOD, dan lain-lain.

Berikut adalah kegiatan SWAT yang dilakukan oleh BPDAS Remu Ransiki yang berlokasi di Manokwari.

Continue reading

DAS Lintas Kabupaten dan DAS Lintas Provinsi

Berdasarkan hasil pemetaan tahun 2015 diperoleh hasil terdapat 3 (tiga) DAS Lintas Provinsi (antara Provinsi Papua Barat dengan Papua) dan 41 (empat puluh satu) DAS Lintas Kabupaten.

DAS Lintas Provinsi

DAS Lintas Provinsi

DAS Lintas Kabupaten

DAS Lintas Kabupaten