Monitoring dan Evaluasi Tata Air Sub Das Arui dan Sub Das Prafi BPDAS Remu Ransiki

Monitoring dan evaluasi (monev) merupakan salah satu agenda wajib yang dilakukan setiap bulan oleh staf bagian evaluasi BPDAS Remu Ransiki. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan memperoleh data mengenai aliran air yang keluar dari daerah tangkapan air (DTA) secara terukur, baik kuantitas, kualitas dan kontinuitas aliran airnya.Tepat pada Tanggal 02–03 Juli 2015, merupakan kali pertama kami (CPNS Baru 2014) mengikuti kegiatan monev di dua subdas yang terdapat di wilayah kerja BPDAS Remu ransiki, yaitu di Sub Das Prafi dan Sub Das Arui. Dalam wilayah Sub Das tersebut, masing-masing dilengkapi dengan bangunan SPAS. Bangunan SPAS atau stasiun hidrometri dilengkapi oleh beberapa alat seperti Solar Cell, Data Logger, Automatic Turbidity Recorder, Water level sensor, dan Rain gauges. Monitoring dan evaluasi tata air mencakup kegiatan pengambilan data debit aliran air sungai, laju sedimentasi, dan curah hujan. Data curah hujan masing-masing DAS/Sub DAS diperoleh dari stasiun pengamatan arus sungai (SPAS) yang dipantau secara rutin/kontinyu (harian).

Kegiatan Monev di Sub Das Arui

Bangunan utama SPAS Arui berada di wilayah Distrik Masni, Kampung Kernei 1 pada koordinat 133° 46’16,8” LS dan 0° 49’ 44,8” BT. Kegiatan monev bulan juli 2015 adalah pengambilan data tinggi muka air, data curah hujan pada data logger dan pengukuran debit air sungai. Peralatan yang dibutuhkan dalam pengukuran debit air sungai yaitu current meter (Alat ukur arus), roll meter, dan alat tulis. Current meter merupakan salah satu jenis alat pengukur kecepatan arus sungai. Sedangkan roll meter digunakan untuk mengukur luas penampang sungai sehingga dapat mempermudah kegiatan pengukuran tersebut. Kondisi air sungai di SPAS Arui terlihat jernih sehingga dapat menggambarkan kondisi yang sehat di wilayah hulu. Berikut merupakan gambaran kegiatan monev tata air Sub Das Arui :

 Gambar 1. Pengukuran debit air sungai di Sub Das Arui


Gambar 1. Pengukuran debit air sungai di Sub Das Arui

IMG_8062

Gambar 2. Pengambilan Data tinggi muka air dan Curah Hujan Harian

Kegiatan Monev di Sub Das Prafi

Daerah Aliran Sungai (DAS) Prafi secara geografis terletak pada 133° 47′ 40.6″ BT- 133° 58′ 17″ BT dan 0° 43′ 44″ LS – 1° 10′ 0,2″ LS. Wilayah DAS Prafi memiliki luas 67.557 ha di sebelah Barat dibatasi oleh DAS Arui, disebelah selatan dibatasi oleh DAS Warjori serta disebelah Timur dibatas oleh DAS Nuni dan sebelah utara dibatasi oleh Samudera Pasifik. Kondisi Sub Das Prafi tidak jauh berbeda dengan Sub Das Arui, kondisi airnya cukup jernih. Namun, kondisi bangunan SPAS sudah tidak layak pakai, hal ini disebabkan karena terjadinya erosi di sekitar sungai. Bangunan SPAS Prafi rencananya akan dipindahkan ke tempat yang lebih aman dan representatif.

Gambar 3. Peninjauan lokasi pemindahan bangunan SPAS Prafi

Gambar 3. Peninjauan lokasi pemindahan bangunan SPAS Prafi

                             Gambar 4. Pengukuran debit air di Sub Das Prafi

Gambar 4. Pengukuran debit air di Sub Das Prafi

Posted By : ny_sartika