Diklat Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Ponsel

Balai Diklat Kehutanan Makassar menyelenggarakan Pelatihan SIG Berbasis Ponsel gelombang pertama yang diikuti oleh 19 peserta dari berbagai instansi, salah satunya perwakilan dari Kantor BPDAS Remu Ransiki. Pelatihan SIG ini berlangsung selama 5 hari terhitung sejak tanggal 7s/d11 September 2015, dengan akumulasi 46 jam pelajaran.
Acara Pembukaan Diklat SIG dimulai pada Hari Senin 07 September 2015, di Aula Balai Diklat Kehutanan Makassar. Adapun pematerinya berasal dari Kantor BDK Makassar yaitu Bapak Iwan Setiawan selaku koordinator widyaiswara, Ibu Yunita Puspitasari, dan Ibu Siti Maryam. Materi diklat berupa penggunaan GPS Essential pada ponsel android sebagai receiver GPS tipe navigasi dan memetakannya secara sederhana dengan perangkat lunak aplikasi SIG yang bebas dan terbuka.
Metode pembelajaran diklat berupa penyajian materi dan praktek. Praktek dilakukan di sekitar areal gedung BDK dan Pemakaman Umum Sudiang Makassar. Pelatihan singkat mengenai SIG berbasis ponsel bermaksud untuk meningkatkan kompetensi SDM Kehutanan dalam hal efektifitas dan efisiensi dalam bekerja dengan berbasis teknologi.

Gambar 1. Acara Pembukaan Diklat SIG Berbasis Ponsel Oleh KA. BDK Makassar

Gambar 1. Acara Pembukaan Diklat SIG Berbasis Ponsel Oleh KA. BDK Makassar


Gambar 2. Praktek SIG Menggunakan Ponsel Di Areal Pemakaman umum

Gambar 2. Praktek SIG Menggunakan Ponsel Di Areal Pemakaman umum


Gambar 3. Pemaparan Materi SIG Berbasis Ponsel Oleh Bpk. Iwan Setiawan

Gambar 3. Pemaparan Materi SIG Berbasis Ponsel Oleh Bpk. Iwan Setiawan

Mengenal GPS dan GPS Essential
Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem radio navigasi penentuan posisi dengan menggunakan satelit. Di Indonesia GPS digunakan untuk menentukan koordinat dari titik-titik kontrol dalam rangka membangun kerangka dasar nasional untuk survey dan pemetaan. Saat ini pengetahuan GPS masih minim diketahui oleh aparatur maupun masyarakat, padahal aplikasinya dalam melaksanakan operasional di lapangan seperti kehutanan baik untuk tata batas maupun pemeriksaan posisi lokasi sangat mudah dan cepat, juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya yang berkaitan dengan penentuan posisi.
Salah satu keunggulan GPS adalah dapat menentukan posisi secara teliti tanpa dipengaruhi topografi dan kenampakan antar titik-titik yang diamati. Saat ini kegunaan GPS sudah dapat dimanfaaatkan melalui gadget yang bertipe android dan diunduh secara gratis, salah satunya yaitu jenis aplikasi GPS Essentials.
GPS Essential merupakan salah satu aplikasi GPS android yang memiliki kemiripan fasilitas dengan Receiver GPS biasa. Aplikasi ini bisa secara gratis diunduh di play store masing-masing gadged bertipe android. GPS Essential dilengkapi dengan fitur pembuatan waypoint, routes, track, kamera yang geotag dengan peta, dan dashboard.

Cara Instal GPS Essential:
1. Pilih menu Play Store, sentuh Apps dan pada search ketik GPS Essentials, setelah aplikasi muncul sentuh GPS Essentials (ikon berupa statelite berlatar biru) dan lakukan penginstalan.

Setting GPS Essentials
Sebelum mengoperasikan aplikasi tersebut, terlebih dahulu melakukan pengaturan pada sistem, dengan cara :
1. Buka Aplikasi GPS Essential
2. Sentuh ikon setting, kemudian atur sesuai yang anda ingin ubah, misalnya Units, dicentang satuan Kilometers, meter; Position Datum, dicentang WGS 1984; Position Format, dipilih Degree, Minutes, Second atau UTM.
3. Jika ingin merubah bentuk peta yang akan ditampilkan tedapat dua macam bentuk yaitu Portable Map atau Google Maps, yang tersedia di Defaut Map Type.

Pengukuran
Sebelum melakan pengukuran, aktifkan terlebih dahulu GPS pada gadged anda (letaknya berbeda sesuai dengan tipe masing-masing android).
Pengambilan titik dengan menggunakan GPS Essential dapat melalui menu waypoints atau stream. Menu stream biasanya digunakan untuk memanage titik-titik (waypoint) yang berkelompok dalam satu folder sehingga lebih mudah dikelola. Cara membuat titik pada stream sebagai berikut:
1. Pada menu utama GPS Essentials sentuh stream. Klik tanda Tambah (+) Geser ke Tab Empty beri nama stream pada Add a name (ex: Add a name : BPDAS RR), kemudian sentuh Create.
2. Setelah terbentuk folder BPDAS RR pada menu stream, pilih BPDAS RR, klik tanda tambah (+), geser ke Tab waypoint
3. Pastikan gadged anda menampilkan informasi satellite yang tersedia dan aktif, tunggu hingga nilai δ di bawah 10 m. Beri nama waypointnya dan klik create. Waypoint yang dibuat akan muncul di stream.
4. Lakukan langkah yang sama untuk membuat titik selanjutnya.
5. Bila telah selesai mengambil seluruh titik pada lokasi pengukuran, maka pada layar stream akan menampilkan posisi titik-titik yang telah diambil.

Menghitung Luas Areal yang Diukur
Untuk melihat luas dan panjang areal pengukuran, klik ikon tambah (+), geser layar ke arah posisi card. Pada card, sentuh pilihan area. Maka akan muncul Perimeter dan Area. Untuk menghilangkannya geser ke kiri atau ke kanan.

Menampilkan dalam Map
Untuk menampilkan hasil pengukuran dalam halaman map, caranya adalah sebagai berikut:
1. Buka stream, tekan lama stream yang akan dibuka pada halaman map (ex: tekan lama folder BPDAS RR), akan muncul beberapa pilihan dan pilih Show on Map.
2. Jika ingin merubah tipe mapnya sentuh ikon (…), dan pilih Map type. Tentukan jenis peta yang diinginkan (normal, hybrid atau terrain).

Menambah Garis (Membuat route)
Untuk menambah garis lurus yang menghubungkan titik-titik yang terdapat pada satu stream, dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Buka stream yang akan dibuat garis lurus, pilih titik-titik yang akan dihubungkan dengan garis. Kemudian sentuh tanda centang ( ) dan pilih Mark.
2. Sentuh ikon tambah (+) dan tab ke halaman Straigth Line, hapus waypoint yang ada, kemudian klik ikon paste. Tititk-titik yang dipilih akan masuk ke halaman Straigth Line.
3. Klik start, maka akan terbentuk garis (berupa polygon) yang menghubungkan setiap titik.
4. Apabila menginginkan titik akhir terhubung ke titik awal, pada Straigth Line sentuh tanda tambah (+) di sebelah kiri dan pilih patok pertama (dengan cara menekan lama)untuk di copy. Kemudian kembali ke Straigth Line dan klik paste kemudian klik start.

Mengexport Data
Untuk mengeksport data hasil pengukuran agar dapat dibuka pada program SIG, seperti Quantum GIS, Arc Gis, atau yang lainnya, dengan cara:
1. Pada menu utama sentuh stream: (ex: tekan lama folder BPDAS RR, tempat penyimpanan data hasil pengukuran)
2. Sentuh menu dan pilih export. Pilih jenis ekstensinya, misalnya gpx 1.1
3. Kemudian di bawahnya terdapat beberapa pilihan yang akan digunakan sebagai media pengexport, seperti : wifi, bluetooth, telegram, email, dropbox, gmail ataupun kabel data. (Anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan keinginan anda).
4. Apabila tertulis written to…………to……………artinya data yang anda export sudah berhasil. Siap untuk dibuka di Quantum GIS atau Arc Gis.

Selamat mencoba !!

Posted By: ny_sartika