Statistik BPDAS Remu Ransiki Tahun 2015

Balai Pengelolaan DAS Remu Ransiki (BPDAS Remu Ransiki) merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah naungan Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung (PDAS & HL). Wilayah kerja BPDAS Remu Ransiki mencakup seluruh Kabupaten di Provinsi Papua Barat dan sebagian Kabupaten di Provinsi Papua dengan luas mencapai 100.203 Km² (10.023.541,30 ha). Wilayah ini adalah kawasan yang memiliki ± 80 % hutan yang masih utuh dan tergolong sebagai wi layah yang memiliki keanekaragaman jenis (biodiversity) yang tinggi. Selain kawasan hutan yang luas, keanekaragaman jenis yang tinggi, Papua Barat juga memiliki keanekaragaman budaya yang banyak, dengan hak-hak atas sumber daya secara adat yang beragam pula. Oleh karena itu pembangunan sumber daya alam hutan dan ekonomi di wilayah Papua Barat harus terintegrasi dan saling memberikan manfaat dengan memperhatikan aspek ekosistem, ekologis dan sosial.

BPDAS Remu Ransiki mempunyai tugas melaksanakan pembangunan kehutanan di bidang Rehabilitasi Hutan (RHL) baik di dalam maupun di luar kawasan hutan. Untuk pelaksanaan tugas dimaksud, maka ketersediaan data dan informasi kegiatan pembangunan bidang Rehabilitasi Hutan dan Lahan yang akurat, tepat waktu, relevan, konsisten dan lengkap sangat diperlukan dalam proses perencanaan/perumusan kebijakan, monitoring, dan evaluasi kebijakan. Oleh karena itu, disusun buku data base mengenai data-data pembangunan kehutanan dalam kurun waktu tertentu di wilayah kerja BPDAS Remu Ransiki. Kegiatan mendata dan menginventarisir kegiatan pembangunan kehutanan bidang Pengendalian DAS dan Hutan Lindung yang dilakukan setiap tahun dan pada umumnya terdiri dari kegiatan yang bersifat incremental (data dapat dijadikan time series) serta kegiatan insidentil (berupa data parsial), maka agar dapat didokumentasikan secara tertib dan informatif perlu dibuat ke dalam Buku Statistik.

Penyusunan Buku Statistik Pembangunan Balai Pengelolaan DAS Remu Ransiki Tahun 2015 dimaksudkan memenuhi kebutuhan data dan informasi pembangunan bidang Hutan Lindung dan Perhutanan Sosial yang dilaksanakan dalam wilayah kerja BPDAS Remu Ransiki (Provinsi Papua Barat dan sebagian Provinsi Papua) secara time series selama kurun waktu lima tahun terakhir.

Sedangkan Tujuan Penyusunan Buku Statistik Pembangunan Balai Pengelolaan DAS Remu Ransiki Tahun 2015 supaya hasil pembangunan RHL dapat dilaporkan dan terdokumentasikan dengan baik serta menjadi bahan evaluasi atau dasar kebijakan pembangunan kehutanan di tahun berikutnya.

Statistik 2015